Tuesday, May 3, 2011

MODIFIKASI TUNER FM KE FREKUENSI BAWAH UNTUK NGEBRIK

Kemarin saya membeli tuner fm digital merk genius saya membeli tuner tersebut dgn penuh perjuangan karena harus tawar menawar dg harga yg paling murah hehehehehehe ,akhirnya saya beli dgn harga Rp.80.000,00 adapun spesifikasi komponenya:

 @.tuner merk rayden
@.ic LC7265
@.IC LB3500
@.& IC LA1260



Setelah itu saya buka tunernya saya kopel dg kapasitor keramik bagian atas 7pf,tengah 15pf,bawah bisa 15-20pf,kan ada 3 tabung lilitan,trus saya kopel dg kapasitor tadi ,setelah itu pasang kembali tutup tunernya,sekarang nyalakan tuner fm nya ,trus atur bagian oscilatornya,tune hingga freq bawah.
Namun cara ini mempunyai kelemahan yaitu radio kita akan menangkap siaran broadcast 91,4 s.d 109,4 Mc padahal display kita tetap menunjukkan 76 sd 88 Mc.














 
Misalkan fo 80,7 Mc maka display counter 80,7 – 10,7 = 70 Mc, tetapi ingat bahwa radio juga menerima sinyal pada 80,7 + 10,7 = 91,4 Mc !! Walaupun pada rangkaian penala sudah di tune di 70 Mc, tetapi tetap saja terkena “frek bayangan” dari band broadcast karena kita tahu bahwa pemancar broadcast pastilah berdaya sangat besar, apalagi kalau stasiun radio berada dekat kita.
Lalu apa yang harus kita lakukan ?????
Satu satunya cara adalah membuat radio dengan fo lebih kecil dari f kerja, sehingga diharapkan tidak ada “frek bayangan” dari radio fm broadcast. Karena fk 70 sd. 88 maka fo : 59,3 sd. 77.3 Mc.
Dan jangan lupa untuk mengubah konfigurasi pin IC LC7265 supaya bekerja pada mode fk=fo + IF supaya display bisa menunjukkan dengan tepat.
Langkah-langkah dalam modifikasi :    untuk lebih jelasnya bisa dilihat di web di bwh sini
sebagian sumber:http://homebrew.co.tv/page2.php

20 comments:

  1. salam kenal..wah sekarang masih ada yang ngebrik di frek.bawah tho? berarti masih ramai ni hehehe..jadi pengen ikut nimbrung lagi di dunia briker...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih dong mas,malah sekarang udah pake repeater jadi bisa nerima dari seluruh jawa tengan sebagian jatim,

      Delete
  2. dimana saya dapat mendapatkan fm genius tsb, karena di tempat saya, jogja sudah gak ada yg jual

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dapetnya di kebumen mas,itu cuman ada dua unit doang,trus ane beli 1 wong harganye lumayan mahal

      Delete
  3. dimana saya bisa mendapatkan produk tsb karena di tempat saya susah nyarinya (jogja)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya mas ane juga pernah nyari di jgja kata yg njual udah nggak ada

      Delete
    2. Sini Mas Selalu Ada Cepat lakunya Juga FM TUNNER,,
      Produk GM , SANKEN,POWER AMPLIFER GM,
      daerah JOGJA Jalan IMOGIRI TIMUR TOKO SUGITO , jejeran , Janti

      Delete
    3. DISINI MASIH ADA MAS , DI JOGJA, JANTI, JEJERAN, JALAN IMOGIRI TIMUR, NAMA TOKONYA SUGITO, UTARA MAN WONOKROMO,
      PRODUK DARI GM, SANKEN, SLU ADA, DI SINI CEPAT LAKUNYA JUGA,
      POWER AMPLI, TON, TRAFO, POKOKNYA ALAT2 RANGKAIAN AMPLI RADIO DLL

      Delete
  4. ikut,,,ikut,,ikut,,,,

    ReplyDelete
  5. radio yg kyk gitu emang recever lumayan bagus, tapi tuk direck hasil 0% wakakawkwkwkwkwkkw

    ReplyDelete
  6. numpang gabung mas brow.....
    itu tuner fm genius bisa di jiplak skemanya gk mas....
    biar tambah genius,,,,,

    ReplyDelete
  7. bos saya pingin di carikan tunernya, info email wong.lamuk@gmail.com

    ReplyDelete
  8. mantaappp....
    jadi inget jaman dulu...
    ngebrik pake pemancar 5 watt...trus di modif deh...cuman satu desa...

    Hart.

    ReplyDelete
  9. salam kenal mas.. minta infonya,, ane mau beli tuh,,, buat karang taruna d daerah ane,,, bandung jawa barat.. infonya email ya.. gus_urya@yahoo.com
    trim"s

    ReplyDelete
  10. mohon ijin untuk nambah info. untuk mengurangi splett biasanya aku ganti lilitan tabungnya. lilitan nya di kecilkan sedikit terus di tambah lilitan nya sampai lubang jalur lilitan penuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok terima kasih atas infonya mas selo plethak,,semoga sukses selalu,,

      Delete
  11. Kontek kontek....
    boleh gabung...
    Ganti..

    ReplyDelete
  12. for all terimakasih telah mengunjungi blog saya karena kesibukan saya ,,saya jarang buka blog ini

    for agus:salam kenal juga mas untuk di daerah saya radio fm seperti di atas ternyata sudah habis stok alias sold out ,,mungkin mas bisa cari di bandung karena disana mungkin masih banyak yg jual coba aja cari di cikapundung disana mungkin ada,,untuk itu ane mohon maaf karena sudah kehabisan stok dan mungkin tidak menyediakan lagi untuk itu saya mohon maaf

    ReplyDelete